Dukungan Bahasa Indonesia di Enigma2

Sebenarnya segan juga rasanya karena telah mendahului (baca: tanpa permisi) para master E2, tapi apa boleh buat, sudah lama juga saya menunggu dukungan untuk bahasa di Enigma2 untuk Indonesia. Alhasil tidak juga tiba, saya pun memberanikan diri mencoba untuk menambahkan Bahasa Indonesia ke E2 saya, dan mudah-mudahan nanti bisa secara officially didukung oleh para dev E2 lainnya.

Saya akui, saya tidak punya keahlian apa-apa dalam coding. Apalagi kalau coding untuk CAM sekelas OSCam, itu saya sangat tidak mampu. Saya hanya bisa memberikan sumbangsih pada kemampuan saya untuk translate saja deh, karena di situ saya rasa saya bisa. Tapi, bukan berarti ini kemudian menjadi ajang "One Man Show" ya. Dari sejak dulu, sejak ikutan Forsat saya sudah tidak menganut paham ini. Saya lebih suka jika teman-teman ikut terlibat (bahasa kerennya berkolaborasi), khususnya untuk translate ini adalah teman-teman yang memahami 'bahasa teknis' yang digunakan secara umum dalam Bahasa Indonesia.

Untuk itulah, inisiasi awal pun sudah saya lakukan dengan mengupload file hasil terjemahan yang saya buat ke github, khususnya untuk image OpenPLi (kebetulan saya sudah enak di image ini). Namun, bukan berarti hasil translate ini tidak bisa digunakan di image lain. Saya yakin, teman-teman lebih pandai daripada saya, dan lebih mengerti untuk menerapkannya di image yang lain.

File commit bisa dilihat di link berikut ini:
Fix and Edit on Indonesian

Silakan ditambahkan ke masing-masing letak file yang saya upload, sesuaikan saja dengan letak foldernya:

File Library untuk Language.py
File bendera id.png countries
File po untuk enigma2.mo

Kalau mau file jadi untuk file enigma2.mo juga bisa ambil di sini:
Enigma2.mo Indonesia

File terakhir itu akan selalu saya update setelah saya menambahkan terjemahan setiap harinya sampai semuanya rampung (untuk file utama terjemahan openpli tentunya), dan akan diupdate juga nanti jika ada perbaikan. Untuk saat ini, terjemahan baru sebatas pada file utama, sedangkan file plugins akan menyusul kemudian (namun sudah ada 2 repo plugins juga yang saya upload ke githubnya mas Taapat yaitu Alternative SoftCam Manager dan YouTube).

Ok, segitu aja lain waktu saya update lagi. Have fun with your own locale.

No comments :

Post a Comment