Koneksi USB-TTL RS232 Memey Z

Saya selalu penasaran dengan sesuatu di balik layar, termasuk log Memey Z yang beberapa waktu lalu saya pegang. Makasih bos Cicak42 atas kiriman kabelnya, dan alhamdulillah sore ini sudah bisa saya fungsikan. Walaupun sedikit terhalang karena tidak ada port serial DB9 di netbook saya, tapi ada USB-TTL yang bisa saya coba fungsikan.

Kebetulan ada 2 USB-TTL yang biasanya saya gunakan untuk nge-log serial router yang ada di rumah. Nah, dengan header pin male langsung saja saya colok ke DB9 si Memey Z. Cara menyambungkannya seperti pada foto berikut ini:

USB-TTL RS232 Memey Z

Alhasil, dengan cara ini ditambah PuTTY (atau saya juga menggunakan Terminal dan Minicom di Linux), Memey Z pun sudah bisa di-log.

Log Memey Z - Upgrade via USB Recovery

Tadi sempat kebalik antara TX dan RX pinnya, sehingga yang keluar di PuTTY hanya tulisan atau karakter cacing yang sulit dibaca apalagi dimengerti. Ck ck ck!!! Lain waktu saya coba untuk upgrade Memey Z menggunakan Sunplus UART ISP Tool.

Thanks to:
Chenlung, Cicak42, dan tak lupa sahabat saya pak ustad Djie dari provinsi sebelah.

4 comments :

  1. mantab bro,,, share juga ya cara via UART ISP-nya. :D

    ReplyDelete
  2. gan ikut nimbrung, getmicom new azplay mati total setah di upgrade, lampu lednya juga gak hidup butu pencerahannya dong, maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek power supply, kalo masih Ok baru cek ke dalam. Moga tidak kena IC flashromnya.

      Delete