Tambah Satelit di Getmecom HD009New Wifi (Azplay)

Setelah (sebelumnya) kita melakukan upgrade pada receiver Getmecom HD009 New Wifi (Azplay), maka data-data seperti list satelit akan kembali ke parameter pabrik. Nah, barangkali kita sudah melakukan backup pada database Memey sebelum kita melakukan upgrade, maka untuk mengembalikan data satelit ke posisi semula dengan cara cepat, tinggal kita lakukan "Load DB" menggunakan file tersebut. Jika lupa melakukan backup, bolehlah menggunakan file DB punya saya ini, tapi harap maklum jikalau ada beberapa satelit yang tidak tercantum karena belum nyantol di Memey saya:
DB Default.bin

Simpan file ini di flashdrive, terserah mau di root atau di dalam folder, tidak jadi soal. Baiklah, kita ikuti langkah-langkahnya:
  1. Pastikan Memey sudah ON dan flashdrive yang tersimpan file DB sudah ditancapkan tepat ke lobangnya Memey yg buat USB serta sudah terdeteksi (bisa dilihat dengan menekan tombol "Z" di remote control).
  2. Tekan tombol "Menu" di rc (selanjutnya remote control saya singkat rc saja ya), arahkan pointer ke "Edit Channel", tekan OK di rc.
  3. Setelah itu, arahkan pointer ke "Load/Save DB", lalu OK lagi di rc ya. Lalu, cari file "DB Default" yang telah disimpan di flashdrive pada tahap persiapan di atas. Jika sudah ketemu, arahkan pointer ke file tersebut, lalu tekan OK di rc.
  4. Jika proses load berjalan mulus, maka Memey akan restart dan list satelit sudah sesuai dengan data dalam file backup tersebut.
Selanjutnya adalah melakukan pengaturan "DiSEqC" jika teman-teman menggunakan lebih dari satu LNB. Sesuaikan dengan letak LNB masing ya.
  1. Tekan "Menu" di rc, arahkan pointer ke "Installation" (iconnya satelit), tekan OK di rc.
  2. Pilih submenu paling atas yaitu "Satellite Setup", tekan OK lagi di rc.
  3. Silakan diatur seperlunya. Jika menggunakan Switch 22KHz, robah di bagian "22KHz".
  4. Jika menggunakan Switch DiSEqC 4x1, pilih "DiSEqC 1.0" pada pilihan DiSEqC Mode, dan pilihan letak portnya pada "DiSEqC 1.0" (A-B-C-D = 1-2-3-4).
Berikut ini illustrasi dalam foto-foto jepretan hp jadul saya. Maaf kalau kurang jelas dan kabur, itu dikarenakan kamera hp saya, bukan karena mata teman-teman. Lain waktu saya bikin videonya biar lebih jelas lagi.









Kalau mau repot, bisa saja menambahkan satelit secara manual yaitu di submenu "Satellite List" yang ada di bawah "Satellite Setup".
  1. Masuk ke submenu itu, lalu tambah satelit dengan menekan tombol "Merah" di rc.
  2. Lalu arahkan pointer ke "Satellite Name", selanjutnya tekan tombol "Panah ke Kanan" yang dilambangkan dengan > pada rc (pada posisi menonton digunakan untuk volume up).
  3. Selanjutnya akan muncul kotak pemberian nama satelit. Hapus dulu tulisan "New Satellite" menggunakan tombol "Kuning" di rc, baru tekan alfabetnya dan jika sudah selesai diberi nama lalu tekanlah tombol "Biru".
  4. Sedangkan untuk memberi tanda arah satelit diisi pada "Longitude" dengan cara tekan angka di rc. Jika sudah, tinggal tekan OK di rc.
Segitu saja dulu, lain waktu dilanjut lagi.

No comments :

Post a Comment