Cara Upgrade Getmecom HD009New Wifi

Masih belum menemukan kelemahan-kelemahan berarti di Getmecom HD009New Wifi (Azplay), apalagi kebutuhan saya akan rx untuk tv satelit sudah cukup terpenuhi untuk saat ini. Nah, untuk mengisi waktu luang ini ada baiknya saya sedikit berbagi tentang mengupgrade/mendowngrade firmwarenya. Tampaknya mudah ya, tapi entah mengapa masih banyak yang salah upgrade dan rx hanya bisa 'load' saja. Jangan tiru saya yang suka serampangan saja upgrade rx, itu kayaknya sudah jadi kebiasaan saya sih. Hahaha! Hati-hati saja deh.

Okay, kita lanjut. Untuk Getmecom HD009New Wifi, ciri-ciri utama firmware yang cocok itu perhatikan kode awal nama filenya yaitu "KDP8606", selanjutnya baru perhatikan lainnya. Misalnya ada tulisan "Azplay", dilanjut dengan "sdual" dan lain sebagainya sesuai keinginan yang share firmwarenya memberikan nama file.

Selanjutnya, pastikan file firmware itu sudah dalam bentuk file binary (.bin) yang bisa diketahui jika misalnya file explorer di hp android disetting "Show file extension", begitu pula di desktop/laptop. Nah, untuk firmware yang berbeda merk dengan Getmecom, sebut saja misalnya XCRUISER maka upgrade dilakukan via recovery. Upgrade dengan cara ini mengharuskan file firmware diberi nama "rom" dan disimpan di root partition pada usb flashdrive. Root partition ini bahasa mudahnya 'di luar folder' atau 'bukan di dalam folder'.


Kasus yang sering dimuncul dalam upgrade via recovery ini adalah salah dalam memberi nama file. Untuk lebih memudahkan penggantian nama file ke 'rom', silakan langsung dieksekusi via MediaCenter, tekan tombol "hijau" (Rename), bisa diliat di pic di atas. Dengan cara ini kita tidak perlu mikir lagi tentang ekstensi .bin serta menghindari kesalahan penamaan menjadi "rom.bin.bin". Kayak nama penyanyi K-POP saja. Haha!

Sip ya, persiapan usb flashdrive dan filenya sudah ok, selanjutnya kita memasuki babak penentuan berhasil tidaknya kita mengupgrade Memey Z. Berikut 7 langkah mudah proses upgrade Getmecom HD009New Wifi (Azplay):
  1. Pastikan usb flashdrive sudah menempel di tempatnya (jika penamaan file via MediaCenter, otomatis lah sudah dalam posisi masuk ke lobangnya). Haduh, ini bahasanya kok rasa-rasanya terpengaruh gaya bahasa teman saya di provinsi sebelah yah!!!! :v Ampun pak ustad!
  2. Matikan rx jika masih dalam posisi ON, via remote dulu baru cabut lah adaptornya.
  3. Tarik dan tahan napas, ambil ancang-ancang. Hahahaha! Kok kayak mau lari sprint saja. Abaikan langkah di nomor 3 ini jika kondisi anda saat mau upgrade sedang segar bugar dan tidak sedang merokok.
  4. Tekan tombol "Power" di panel depan rx dan jangan dilepas dulu ya. Jangan bingung nyari tombolnya, Memey ini pandai sekali mengkamuflase tombol ini dengan mengganti icon umum power menjadi huruf "Z" berwarna merah.
  5. Sambil melakukan langkah nomor 4, hidupkan rx dengan menghubungkan adaptor Memey dengan listrik.
  6. Tetap tekan tombol "Z" sampai proses upgrade berlangsung (bisa dilihat di layar televisi masing-masing). Jika sudah terjadi proses tersebut, tombol "Z" sudah boleh dilepas. Teknisnya sih begitu, tapi kadang saya juga buru-buru melepas tombol ini pada saat proses transfer file dari flashdrive ke rx (mohon jangan tiru kelakuan saya yang seperti itu, ikuti saja prosedur yang aman).
  7. Jika proses upgrade berhasil dan sukses, maka Memey akan restart dan posisinya sudah berada di versi firmware yang kita gunakan saat persiapan tadi.
Setelah proses upgrade selesai, kadang-kadang ada yang suka nanya dan lapor. Eh, kebalik ya. Ah, anggap sama saja lah. Biasanya ada yang bilang kehilangan menu untuk update kunci-kunci dan tiket-tiket. Ada pula yang kehilangan menu "ehem-ehem". Tidak lupa, ada pula yang kangen dengan bahasa yang sebelumnya digunakan pada OSD si Memey. Nah, itu bisa kita atasi dengan kode-kode yang sudah tidak rahasia lagi yaitu:
  1. Untuk mengganti bahasa pada OSD, silakan tekan "Menu", lalu arahkan pointer ke icon yang ada "roda gigi + kunci pas" (ini dalam bahasa OSDnya disebut "Settings"). Di sini kita sudah masuk ke "System Setup", pilih saja opsi paling atas dimana di situ tertulis OSD gitu, lalu pilih lagi opsi paling atas yang juga ada tulisan OSDnya. Itulah opsi pengaturan bahasanya. Tinggal pilih ingin menggunakan bahasa apa, bisa Russia, Arab, China atau Turki (terserah selera masing-masing deh pokoknya). Jika sudah, silakan "Exit".
  2. Untuk memunculkan menu 'ehem-ehem', caranya adalah dengan menekan "Menu", lalu arahkan pointer ke "Network" (iconnya bisa apa saja, misalnya di firmware Azplay/Xcruiser kelihatan ada pensil, mistar dan apa itu ya... kuas atau pen, maaf mata sudah tua gini penglihatan sudah agak gmana gitu). Masuk ke menu "Network" ini, lalu secara berurutan tekanlah angka-angka sakti berikut ini: 1-5-0-6. Jika benar angkanya dan jackpot alias tembus, hadiahnya tinggal dikalikan 3 juta. Hahahaha!!!, maka akan keluarlah icon-icon rahasia yang tidak seharusnya diakses oleh pemuda-pemudi yang belum menikah (bahaya soalnya). Ck ck ck!!! Oh iya, 4 angka tersebut juga berfungsi untuk menyembunyikan icon-icon ini jika sudah bosan atau ingin pura-pura alim.
  3. Selanjutnya, kita ingin agar Memey bisa konak ke server penyedia kunci-kunci khusus buat buka-bukaan, bahasa bisnisnya "nge-fly". Tekan "Menu", arahkan pointer ke icon "Access Control" (di memey saya kelihatan icon seperti kartu pintar dan router gitu). Jika sudah di icon ini, jangan susah-sudah menekan tombol "OK" di remote control karena menu tidak akan terbuka. Nah, untuk membukanya kita perlu nomor sakti lagi, dan pastinya masih dengan 4 Angka seperti di menu ehem-ehem tadi. Hanya saja untuk keperluan ini, kombinasi angkanya sedikit beda yaitu: 2-7-7-8. Jika beruntung dan tembus angkanya, maka akan keluar menu rahasia untuk mengisi tiket dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kunci.
Udah, segitu saja ya, jangan terlalu panjang lebar karena pak ustad sering bilang, terlalu panjang kasian para ibu, sedangkan jika terlalu lebar kasian para bapak. Lain waktu kita sembang-sembang lagi.

Ingat!!!
Untuk Sunplus dengan Chipset yg sama tapi beda merk, silakan Upgrade via Recovery. Jika ragu, silakan mencoba upgrade via "Menu > Settings > SW Upgrade > USB/Card Upgrade". Jika menemukan error "File mismatch" atau "File tidak cocok", maka silakan diupgrade via Recovery seperti langkah-langkah di atas.
Enjoy!

11 comments :

  1. Replies
    1. Sippp bro, sama-sama.

      Moga tidak ada lagi yang salah upgrade firmware di kemudian hari.

      Delete
  2. hahahhaha thanks tutorialnya yang sangat kocak wkwkkwkw

    ZulRely

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Sama-sama.

      Biar santai dan mudah diterapkan bang Zul.

      Delete
    2. Hahaha Anda memang Luar Biasa bang Maxx senang bisa mengenal anda
      sebenarnya sudah lama.kita bisa share namun harap maklum dulu belum ada apa2 henpun pun masih henpun tonet tonet net bang hahahaha

      Delete
    3. ^_^ seperti motto teman-teman sat-trackkers, jalin erat silaturahmi jangan sampe putus. Salam hangat selalu dari Kalbar bang Zul.

      Delete
  3. Minta software asli bawaan gatemecom HD 009 New Wifi bro.....malam td salah upgrade...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg ini ya bro:
      https://www.facebook.com/groups/newgetmecom009hd/837576756337653/

      Delete
  4. Tutornya keren,,,gampang di mengerti dan kocak,,,toppp deh

    ReplyDelete
  5. wah ada bang wahyura juga ternyata hahah kopdaran disini kita bang yihhhha

    ReplyDelete