TV Tuner Untuk Monitor CRT

Sebelumnya saya sudah beli HDMI-to-VGA adapter dengan harapan semua receiver support HDMI yang saya punya bisa saya gunakan dengan monitor CRT 15 inch yang sudah lama nganggur. Ternyata tidak sesuai harapan saya karena monitor ini hanya support di dua resolusi yaitu 576p dan 720p. Bahkan ada receiver yang dengan resolusi dimaksud pun tidak bisa digunakan (gambar blank). Untuk itulah kemudian saya beli TV Tuner yang walaupun tidak bisa digunakan untuk keperluan tersebut, tapi setidaknya menggunakan RCA-out bisa menampilkan gambar (dan suara tentunya).


Koneksi ke monitor CRT 15 inch melalui kabel VGA di port VGA-out, sedangkan inputnya bisa langsung melalui RCA-in (audionya disambungkan ke speaker melalui Audio-Out). Terlanjur beli HDMI-to-VGA, saya fungsikan melalui kabel VGA di port VGA-in. Untuk RCA, pilihan inputnya di "Video", sedangkan jika ingin menggunakan input VGA-in tinggal matikan tv tunernya (audio via HDMI-to-VGA).

Ribet ya? Hehe, tidak juga lah. Tujuan saya hanya ingin memfungsikan semua peralatan saya. Nanti untuk input HDMI bisa saya sambungkan dengan HDMI selector sehingga tidak perlu dicolok cabut gonta-ganti inputnya. Sedangkan RCA nanti juga bisa menggunakan RCA selector dengan tujuan yang sama. Overall, semua berfungsi bagus, tinggal bikin antene untuk tv lokal di sini yang masih bersiaran di VHF, dan radio FM yang masih tersisa. Kapan-kapan ada dana tinggal beli LCD Monitor untuk menghemat biaya PLN.
Tested di dua receiver:
  1. Openbox S4 (HDMI)
  2. K-Vision C-1000 (RCA).
Selanjutnya tinggal bikin segelas kopi, menikmati hujan sambil nonton DW.

No comments :

Post a Comment