Pengganti TV Voucher TelkomVision

Ada baiknya sebelum TelkomVision bertransformasi dengan menghilangkan paket / sistem voucher tv yang selama ini bisa saya nikmati lewat Telkom 1 (arah parabolanya seperti pada gambar di samping), saya siap-siap mencari penggantinya yang tentunya masih dalam kategori paytv dengan sistem voucher.

Ada beberapa pilihan yang tersedia, diantaranya: TopasTV, OrangeTV, Skynindo, dan BigTV. Hanya saja di antara paytv tersebut tetap saja ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tentunya penilaian saya di sini adalah penilaian saya pribadi, dimana yang mendasari pemilihan ini tetap saja keinginan dan selera saya pribadi.

Untuk mencari alternatif / pengganti, terpaksa standar pemilihan mengesampingkan keinginan isteri saya yang hobby nonton E! dan StarWorld. Kriteria paytv voucher yang saya inginkan hanyalah pada ketersediaan 3 channel favorit saya selama ini yaitu: Fox, Fox Crime, dan AXN. Saya hanya memerlukan ketiga channel tersebut karena memang ketiga channel tersebut yang hampir setiap saat saya akses (tonton). Sedangkan channel lain hanya sebagai pelengkap yang kadang-kadang saja saya liat.

Sebenarnya ada kriteria lain yang pengennya dipenuhi di paytv yang saya inginkan, ambil contoh: EPG, Kartu Unpaired (bisa dibuka di rx lain), dan C-Band. Saya lebih prefer ke C-Band karena sudah teruji tahan cuaca dan saya tidak perlu LNB tambahan lagi alias tinggal colok kabel yang ada (C-Band yang umum dipake soalnya).

Nah, setelah menelusuri paket-paket yang tersedia di paytv tersebut di atas, hasilnya:
TopasTV: AXN
OrangeTV: Fox, Fox Crime
Skynindo: Fox, AXN
BigTV: Fox, Fox Crime, AXN

Mau pilih TopasTV, tapi yang tersedia hanya AXN. Mau pilih OrangeTV, minus AXN. Pengen banget Skynindo, Fox Crime tidak ada. Ehhhh... tunggu dulu, BigTV kayaknya pas, semuanya tersedia (sayangnya, membaca pengalaman teman-teman di Forsat tentang BigTV malah bikin hati urung mau coba, apalagi sistem vouchernya juga masih belum jelas).

Walaubagaimanapun, pilihan tetap akan saya buat, mau tidak mau tentunya (kecuali TelkomVision tidak jadi menghapus tv vouchernya). Pilihan sepertinya akan jatuh pada Skynindo atau TopasTV (mengingat pengisian vouchernya yang sepertinya lebih mudah).

Ada saran kira-kira pilih yang mana?

Update:
Senin, 28 April 2014 dapat info kalo tv voucher BigTV sudah tersedia.

12 comments :

  1. Baru beli decoder telkomvision TV Voucher.... eeeh tidak dikabari mau dihapuskan...Curangnya....minta duit balik kagak bisa... alasan A,B,C....Benar2 tidak profesional dan seenaknya saja, TV berlangganannya nggak minat urutan terakhir dari semua pay TV (Sinyal ngedrop terus), Alasan menggunakan voucher, karena pingin lihat paket movie yang 100 rb, ditanya kalau berubah jadi langganan harus pilih paket+tambahan movie, harganya wow diatas 200 rb siapa yang mau dengan kualitas kayak begitu. Pesenku, kalau memang mau dihapuskan, ganti rugilah karena kesalahan dipihak saudara (Telkomvision), setelah itu tawarkan mau ikut berlangganan atau tidak... itu baru namanya perusahaan yang punya wibawa. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas bro.. makanya sebelum beli atau berlanggan tv berbayar kita harus cari info-info dulu biar tidak kecewa di kemudian hari.

      Delete
  2. kalau cuma ganti decodernya aja bisa gak?tetap pakai dish dan lnb bekas yes tv.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pengen melanjutkan dengan menjadi pelanggan pascabayar mau tidak mau harus diganti receivernya bro. Minimal TM9000 yang udah DVBS-2 karena sinyal di DVBS udah hilang semua.

      Delete
    2. maksudnya kalau receivernya ganti, parabola/dish sama lnbnya harus ganti juga nggak bro?

      Delete
    3. LNB dan parabola tidak diganti bro, hanya dekoder saja.

      Delete
  3. Bisa mas bro...untuk yang tetap mau berlangganan Telkomvision saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau dibuat seperti parabola biasa aja bisa nggak?yang nggak berlangganan tiap bulan.

      Delete
  4. saya punya dish bekas telkomvision, kalo saya beli topas tv apakah perlu ubah arah parabolanya.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kasus ini saya tidak bisa jawab detail. Iya, musti dirubah arahnya untuk ngelock satelit Palapa, tapi... ada tapinya ini, saya tidak tau pasti apakah bisa ngelock sinyal Topas. Tapi, silakan dicoba dulu, barangkali bisa.

      Delete
  5. Ok. terimakasih penjelasannya.

    ReplyDelete