Live Feed KTT APEC di Bali - MPEG4

Walaupun agak telat, transponder yang menayangkan Live Feed KTT APEC di Bali dipancarkan langsung dari Satelit Palapa D. Kali ini sudah menggunakan DVB-S2 MPEG4 dan HD pula (begitu menurut info yang saya kutip dari postingan status update Wak Haji DaengSat). Moga ini bakal jadi pertanda bagus untuk masa depan HDTV di Indonesia. Secara masih belum ada official station tv di Indonesia yang bersiaran dengan kualitas gambar HD. Baru EMTEK Group pula yang sudah menggunakan MPEG4, itu pun belum HD. Sedangkan Skynindo yang pertama kali mengusung channel HD pun bukan native channel mereka.

Live Feed KTT APEC di Bali

Frequency: 4130
Polarisasi: Horizontal
Symbol Rate: 14000

Pelan memang perkembangan tv satelit di Indonesia ke arah itu, bahkan untuk hijrah ke DVB-S2 saja masih terkesan sangat lambat. Transponder yang menggunakan DVB-S2 itu saja memang sudah dari awal (bukan perpindahan dari DVB-S). Walah, kok jadi ingat ketika hijrahnya analog ke digital awal tahun 2000 lalu ya. Bakal jadi 'trauma' tahap dua buat orang-orang sekampung nih. Hehehe!

Ya, barangkali dimulai dengan adanya Live Feed seperti ini, stasiun tv lainnya akan 'terangsang' untuk ikut menggunakan teknologi DVB-S2 dan sangat diharapkan pake resolusi HD. Kalau sudah terbiasa lihat channel HD memang kerasa banget dah nggk enaknya liat siaran-siaran yang ada saat ini, apalagi yang resolusinya kayak video youtube kebanyakan.

Kalau tidak percaya, silakan dicoba tongkrongin channel Fashion TV HD atau Trace HD di Asiasat 5 yang gratis.

No comments :

Post a Comment