Upgrade Openbox S4 Tanpa Porter


Kali ini saya ingin berbagi tips buat ngupgrade receiver keluarga fortis, khususnya dari jenis Openbox S4, terkhusus lagi buat yang berjenis kelamin 'klon'. Hahaha! Nggk usah minder pake clone, toh kantong setiap orang itu tidak sama kok. Terutama kantong saya, bolong sana bolong sini.

Udah, nggk usah pake Porter-porteran ah, bikin lama alias buang-buang waktu saja. Tadinya saya pikir yang beginian nggk usah disharing, toh masing-masing udah punya jurus jitu nyelametin S4 clone yang dipunyai. Tapi, akhirnya saya pikir lagi, apa gunanya punya ilmu kalau tidak untuk berbagi. Pelit ilmu itu nggk ada gunanya sob (ehhh... pake sob ya sekarang?!!!).

Porter itu lama lho nungguinnya, bisa selesai masak indomi baru selesai prosesnya. Nah, untuk mengatasi ini, jangan kawatir, ada jurusnya kok yang jarang kita sadari padahal fasilitasnya udah ada ditanam di dalam receiver itu sendiri. Jangan kalah ah sama yang ori. Kalau yang ori bisa upgrade pake tancepin flashdisk lalu tekan tombol CH ^ di frontpanel, sebenarnya si klonengan juga bisa kok, hanya saja perlu 'timing' yang tepat baru jurusnya berhasil alias sukses (yang ini barang kali sulit dipercaya ya, kecuali pernah mencobanya). Saya sudah bagikan tips itu di Kota Satelit, moga ada yang berhasil mencoba.

Kali ini, kita sedikit meniru 'tingkah laku' receiver fortis original. Kalau upgrade software si ori pake flashdisk lalu colok adaptor sembari tekan CH ^ di frontpanel, sebenarnya proses itu hanya berusaha mentrigger command upgrade di dalam receiver layaknya kita upgrade seperti biasanya lewat fasilitas UI ketika receiver normal.

Waduh, panjang banget kata pembukanya ya. Ya sudah, langsung saja ke prakteknya ya! Here we go!
  1. Persiapkan flashdisk yang akan digunakan untuk upgrade, copy lah file "IRD" ke root folder si flashdisk (ingat, jangan ada dua file IRD ya!).
  2. Colok flashdisk yang berisi file IRD ini ke receiver.
  3. Colok juga RS232 dari PC ke receiver (board232 nya tidak perlu dipasang).
  4. Persiapkan PuTTy, seperti biasa, Open PuTTy terminalnya untuk serial access.
  5. Setelah terminal PuTTy muncul, colok adaptor, liat apa yang terjadi di layar terminal PuTTy. Segera tekan CTRL+C di keyboard (diulang-ulang saja) sampai kita masuk ke U-Boot (ditandai dengan munculnya HDK7111).
  6. Setelah itu, silakan masukkan / ketik command: usb_load
  7. Perhatikan commandnya, ada tanda penghubung berupa garis itu ya jangan sampai ketinggalan.
  8. Setelah itu, silakan duduk manis sampai proses selesai, jangan pergi ke dapur deh mau masak indomi, nanti keburu restart rx nya tuh mi blom juga mateng.
Segitu saja ya, jangan banyak-banyak. Kata guru-guru saya, nyampein ilmu itu jangan sampai full dihabisin, nanti nggk ada sisa untuk diri sendiri. Hahahaha! Nggk lah, saya nggk gitu kok, hanya saja belum waktunya nurunin ilmu yang lainnya. Apalagi ketik-ketik gini cape' juga lho!

Dahhhh!!!

NB:
Cara ini juga bisa digunakan untuk mengupgrade Loader, coba aja kalo nggk percaya, paling juga butuh sekian detik, file Loader kan kecil.

5 comments :

  1. pak kalau port usbnya rusak filenya bisa ambil dari pc tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalo yg ini ampun gan, buta kayu saya... barangkali pake tftp-server bisa...

      Delete
  2. om....stlh usb_load msh er93, msh bs sembuh gak yah ke L 707 dr L 714 ini...? kalo flash total spt bawaan apa msh bs om..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. L714 SkySat ya? Yg penting Flashdisk kedetek bisa kok.

      Delete