Review Getmecom HD 5 Ethernet Part 1

Hari ini pulang kantor hujan-hujan, ehhh nggk taunya di rumah ada kejutan. Kiriman dari Bos Wonogiri (El Haq alias Cicak) udah nyampe rupanya. Wah, makasih banyak bos atas kirimannya. Tanpa menunggu lama langsung tak sobek-sobek bungkusnya dan diliat apa isinya (yang pasti bukan bom atom ya!). Hehehe! Berikut penampakannya:

Kiriman Getmecom HD 5 sebelum dibuka
Nah, ini dia kotak Getmecom HD 5
Paket Getmecom HD 5
Gambar Paket Getmecom HD 5 di atas terdiri dari:
  • Receiver tentunya
  • Remote Control + 2 Battery AAA (merknya nggk usah disebutin ah, ntar jadinya lain - kualitas batere menentukan kualitas rx, hahahah)
  • Kabel HDMI
  • Kabel RCA
  • Buku Petunjuk
  • dan kalau beruntung biasanya ada bonus berupa tv led 24 inch (hahaha... ampun, yang ini canda, suer 100% canda boss, jangan diambil hati ya!)
Lanjut! Karena udah penasaran dari kemaren-kemaren, nggk nunggu lama langsung saya pasang, dan liat-liat isinya. Kalau sepintas memang tidak jauh beda dengan pendahulunya di keluarga OB dan Sky, tapi tentunya perkembangan membuatnya tetap tampil beda dari sang legenda. Apa saja menu-menu yang tersedia? Yuk maree kita liat sama-sama.

Penampakan Main Menu
Loading pertama saya pikir tidak terlalu lama, nggk sampe 30 detik ya, boleh anggap samalah dengan OB S9 yang saya punya (ampun lagi, soalnya saya cuma punya S9 untuk compare secara tidak langsung, hehehe). Yang jelas, lebih cepetan Getmecom HD 5 daripada Openbox S4 (wahahaha... peace yang punya S4).

Sebenarnya menu awal itu tampilannya pake Bahasa Indonesia tadi, tapi berhubung saya udah terbiasa dengan menu berbasa asing (bukan nggk mencintai bahasa kita lho ya, cuma udah terbiasa aja pake Bahasa Inggris, lebih cepat loadingnya di otak saya klo nyetting beginian), yang pertama saya robah ya menu bahasanya.

Menu Informasi Sistem (masih default)
Di System Setup ini saya ganti bahasanya
Pilih Satelit yg pengen diaktifkan
Single Scan di Satelit Telkom
Preset Scan di Satelit Telkom
Tadinya saya mau pake Blindscan saja (atau di Getmecom istilahnya Autoscan), tapi seperti yang diketahui, di software ini blindscan akan mengakibatkan Getmecom HD 5 restart dengan sendirinya. Jadi, saya gunakan Preset Scan, saya liat di TP Listnya juga udah cukup lengkap transponder yang ada.

Hasil Scanning - jangan terpesona dgn SCTV nya ya!
Ok, sebelum menutup part 1 ini, saya mau liat menu Toolsnya dulu, kira-kira apa aja di sana.

Menu Tools Getmecom HD 5
Cukup familiar lah, soalnya di Openbox S9 sebelumnya udah ada menu yang mirip. Hanya saja bedanya ada menu lain yaitu:
  • OTA Upgrade (yang ini upgrade lewat TP Satelit)
  • RS232 Upgrade
  • Network Upgrade (yang ini udah support protokol HTTP dan FTP)
Khusus di Menu "Network Upgrade" ini bikin saya penasaran buat ngoprek. Mudah-mudahan berhasil.

Okay, segitu aja dulu ya untuk bagian pertama ini. Kalo dibikin satu nanti terlalu panjang karena banyak foto-foto yang menyertai tulisan ini. Nantikan episode...ehhh... Bagian Kedua review Getmecom HD 5.

Moga bermanfaat!

Update:
Barusan dicoba lagi Autoscan ke Measat (Astro), ternyata Getmecom HD 5 tidak restart seperti pertama kali saya autoscan di Telkom. Bahkan frequency 12xxx juga bisa terdeteksi walaupun hasilnya fail. Mungkinkah karena transponder tertentu di Telkom yang menyebabkan rx restart saat autoscan. Blom tau juga.

So far, PUAS lah dengan Getmecom HD 5.

12 comments :

  1. Blind scan kalo beberapa satelit sekaligus biasanya suka restart sendiri, ... mungkin RAM nya perlu nambah ... tapi bisa diakalin dengan Blin Scan 1 persatu satelit, dengan jeda waktu +/- 15 menitan, ... Kira2 softwarenya bisa di upgrade untuk memutar file FLV di multi media playernya gak ya ? ... semoga mas Budi bisa kasih solusi ....
    thumb 4 u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini saya masih pake software defaultnya pak, untuk muter file FLV tidak masalah, bisa jalan dengan lancar.

      Untuk autoscan blom saya coba serentak kebetulan LNB yg terpasang cuma 2 (C & Ku) aja. Lagi ngoprek server dan nyari info cara bikin server buat Upgrade Online nya, penasaran saya di bagian yang ini.

      Delete
  2. sayangnya rx ini belum bisa menggunakan beberapa LNB secara bersamaan dengan salah satu diantaranya bergerak otomatis (pakai motor)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap nubi mo nanya nih..
      boleh tau receiver yg udah support beberapa LNB secara bersamaan dengan salah satu diantaranya bergerak otomatis (pakai motor) itu merk/model apa aja ya yg beredar di indo?
      thanks.

      Delete
  3. master review buat nonton youtube nya dong,sama ane jga pnya tuch getmecomnya,cma blm bisa nonton youtube nich.please help yha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan rx udah terkoneksi ke internet, tinggal buka aja YouTube nya.

      Delete
    2. Mas budi maxx,aku sdh coba buka youtube ttp tdk bisa.masuk halaman utama download bisa tapi ttp gak bisa play.ada tipsnya kah

      denie artha

      Delete
    3. Sudah lama saya tidak pegang Getmecomnya nih, kebetulan orang tua saya yang pake. Yang saya kawatirkan YouTube sudah ada perobahan lagi jadi otomatis firmware Getmecom musti diupdate juga baru bisa di-play YouTube videonya mas Denie.

      Delete
  4. saya memiliki receiver getmecom HD 5 INTERNET ,, mohon informasinya untuk menu wifi manager... itu untuk apa? Kemudian kenapa saya membeli wifi usb merek tplink TL - WN 722 N yang saya hubungkan melalui port usb di perangkat reciver , tidak dapat terdeteksi di receiver? Mengapa dalam buku panduan tidak jelaskan tentang WIFI MANAGER ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wifi Manager ini fungsinya untuk nyetting koneksi pake wifi, akan muncul klo wifi yang dipake terdeteksi (compatible). Yg lainnya saya kurang tau juga mas.

      Delete
  5. GETMECOM HD 5 ETHERNET, ada slot untuk kartu telkomvisionnya, gimana cara menggunakannya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada setting khusus kayaknya, asalkan kartunya tidak dipairing ke rx telvis mau dia kebuka di Getmecom.

      Delete