Terbang Layang Lancar?

Ada beberapa faktor yang bisa saya tangkap dari postingan teman-teman forsatter tentang terbang-terbangan pake Openbox S9 HD PVR. Pendapat saya, yang paling utama adalah koneksi internet di kedua belah pihak (server dan client). Khusus koneksi di server hanya "pawang"nya yang tau (tapi saya yakin koneksinya sudah diperhitungkan untuk sekian banyak client).

Koneksi di sisi client sendiri tergantung ketersediaan jaringan internet di tempat kita masing-masing (lebih bagus kalo ada jaringan HSDPA). Sepengalaman saya dengan koneksi yang ada, menggunakan koneksi dengan speed up to 50 KB/s membuat penerbangan terasa sangat nyaman. Akan sangat terasa sekali ketika speed hanya tersisa 6 KB/s (kuota habis, dalam hal ini saya pake UL TSEL 50K). Lagnya akan sangat terasa setiap sekian detik (terutama di siang hari, hampir setiap 5 detik bikin panas kepala) yaitu di jalur penerbangan nds.

Untuk firmware sendiri, saya rasa relatif. Kenapa? Karena pengalaman forsatter ternyata beda-beda di setiap firmware. Ada yang stabil di firmware 040411 (4 April 2011), ada pula yang stabil di 050511 (5 Mei 2011). Tapi, untuk firmware 29 Juni 2011 saya rasa juga cukup bagus (kebetulan saya lagi testing firmware yang ini).

Saya coba tiket dari Pak Dhe, ternyata masih lancar walau speed rata-rata saya hanya 6 KB/s. Tengah malem ini saya mau coba pake koneksi FUN TSEL. Jika lancar tanpa lag (seperti ketika saya nonton "Madu Tiga"), berarti masalah yang saya hadapi hanya di koneksi internet saja.

Firmware 29 Juni 2011 bisa didownload di sini! (Thanks to Pak Ginting!)

No comments :

Post a Comment