Speed Grabbing di Palapa D

Kemaren pagi sempat grabbing di Palapa D pada transponder biasanya: 3840 H 28.000. Pids yang saya pake dari 511 - 515. Hanya pengen mastiin pengalaman sebelumnya, dimana speed naik mulai pukul 07.00 wib. Ternyata hal itu terulang lagi kemaren.

Speed pkl 05.45 wib

Speed pkl 05.45 wib

Saya start grabbing pukul 05.45 wib, dan speednya terlihat seperti pada screenshot di atas:

Flow in: 720 KB/s dengan rata-rata 626 KB/s. Sedangkan speed keseluruhan yang saya filter pada file yang saya inginkan hanya: Down: 78 KB/s dengan rata-rata 53 KB/s.

Ok lah untuk speed keseluruhan, hal itu tergantung filter kita juga, termasuk jumlah netter yang sedang online menggunakan fasilitas internet satelit itu melakukan aktivitas sesuai dengan filter kita atau tidak.

Herannya, mengapa speed Flow in segitu kecilnya kalo masih pagi, dan tiba-tiba naik pada pukul 07.00 wib ya? Hehehe...!!!

Speed pkl. 06.45 wib

Speed pkl. 06.45 wib

Mendekati pukul tujuh pagi, speed sudah mulai naik (perhatikan screenshot di atas). Dan terakhir speed yang sempat saya rekam:

Speed mulai pukul 07.00 wib

Speed mulai pukul 07.00 wib

Mulai pukul tujuh pagi, speed selalu naik. Hal ini sudah saya alami berulang kali. Kebetulan kemaren pagi saya jadi penasaran pengen ngetest ada apa gerangan. Kesimpulan sementara yang bisa saya jabarkan:

Pertama, faktor user. Netter yang make fasilitas layanan internet satelit lewat Palapa D kemungkinan besar hanya dalam lingkup wilayah RI sehingga pola pemakaian tentunya sesuai dengan kebiasaan netter Indonesia.

Kedua, faktor jam kerja yang dimulai pukul 07.00 WIB. Bisa saja kebanyakan yang make adalah kantor atau perusahaan dengan karyawan yang tidak ingin melewatkan kesempatan menggunakan fasilitas yang ada (hehehe.. ini hanya opini lho, gak harus benar). Atau bisa jadi pelanggannya banyak berurusan (jobsnya) dengan dunia maya.

Ketiga, (mungkin) fasilitas dari Indosat ini direset setiap pukul 07.00 WIB (yang ini saya kurang yakin).

Segitu aja ya... gak usah panjang-panjang. Enjoy!

No comments :

Post a Comment