Teknologi Satelit Jepang

Pagi kemaren, Rabu 24 Desember 2008, pukul 07.00 wib, NHK World di Palapa C2 nayangin acara tentang satelit dan perkembangannya di Jepang. Canggih banget teknologi yang mereka gunakan dalam dunia persatelitan. Yang paling mengagumkan adalah satelit terkecil di dunia dengan panjang sisi-sisinya hanya 10 CM dan berat 1,5 KG (maaf lupa namanya apa). Amazing!!!
 
Memang Jepang tidak diragukan dalam dunia teknologi, termasuk dalam bidang persatelitan ini. Mereka hebat karena generasi muda mereka telah dibangun sejak dini. Bayangkan anak SLTA sana (pelajar) saja sudah berkompetisi dalam acara “Mendesain Satelit” dan yang berhasil mendapatkan tempat pertama hasilnya diluncurkan ke angkasa luar (outer space). Keren bangetttt... Mahasiswa dan pelajar sudah sangat maju!!! (Jadi sedih saya ketika kemaren mendengar berita di tv tentang nasib pendidikan di Indonesia, sudah biaya pada mahal, gedung tempat anak-anak belajar juga sangat tidak layak pakai… Oh my Indonesia!).
 
Berikut gambar yang sempat saya ambil pake handphone tadi pagi. Satelit terkecil di dunia:
 
Photo-0067  
(Gambar 01: Satelit Terkecil di dunia, dimensi 10 x 10 x 10 CM)
 
 
Photo-0082  
(Gambar 02: Pengendalian satelit mini seperti pada gambar 01)
 
 
Photo-0084  
(Gambar 03: Antena Penangkap sinyal yang dipancarkan dari satelit – bukan parabola ya..???)
 
Di penghujung acara kalo gak salah tangkap tadi saya dengar, Jepang sedang mengusahakan untuk membuat satelit dengan bobot paling ringan dan satelit yang mampu memotret bumi hingga 50 cm dari atas tanah. What a surprise!!! Segitu hebatnya orang Jepang, dah gitu satelit yang mereka punya banyak banget. Lha tadi ada juga mapping dari negara-negara yang punya satelit sendiri. Saya jadi heran, kok Indonesia gak masuk dalam petanya. Malah Malaysia aja ama Thailand yang ada (Asia Tenggara). Oh... what happened to our nation? Kemana dikau wahai Indonesiaku?
 
Bangkitlah Indonesiaku, tunjukkan kejayaanmu seperti awal kemunculan Palapa mu dulu.

1 comment :

  1. :))
    iya indonesia emnag keren banget dulu ..
    tapi sekrang mblotong,mbolot,mbulet22.rak jelas meneh.....
    kwekwekwkekwkwkk
    http://www.andiuky.at.ua

    ReplyDelete