Paksat 1 Ikutan Nyantol

Setelah berhasil ngelock Yamal 202, kemaren pagi atas bantuan bro Zemlenk (Forsat) dengan parameter tertinggi di Paksat 1 akhirnya bisa juga ngelock satelit paling barat ini. Tidak sesulit yang dibayangkan, ternyata Paksat 1 bisa dilock hanya dalam hitungan menit dan tanpa halangan yang berarti.

Hal ini dimungkinkan karena Paksat 1 tidak menggunakan polarisasi sirkular yang menyebabkan kita musti ngerobah pola arus yang masuk menggunakan sekat dan lain sebagainya. Tinggal pointing ke barat agak turun beberapa derajad setelah Yamal 202, maka Paksat 1 siap dilock dengan mudah.

Jadi, tidak ada trik khusus dalam pelacakan satelit ini (Paksat 1). Masukkan saja parameter dengan Sinyal Kualitas tertinggi / terkuat yaitu:
Frekuensi:  3911
Polarisasi:  Vertikal
Symbol Rate:  3255
Nama Channel:  City News 0
Langsung pada kotak “pencarian” atau “penambahan” channel. Kemudian pointing ke satelit Paksat 1 pelan-pelan. Coba perhatikan arah dish saya ke barat yang sedang menangkap satelit Paksat 1 ini:

Paksat 1 samping
(Foto: Dish ke Paksat 1 tampak samping)

Paksat 1 - depan
(Foto: Dish ke Paksat 1 tampak depan)
Catatan:
Posisi saya adalah di Kota Sambas Provinsi Kalimantan Barat, semakin ke Barat tempat tinggal saya, maka arah dish anda tidak akan semiring ini. Tapi jika anda tinggal lebih ke Timur, maka arah dish akan semakin sejajar dengan tanah.

Mohon tidak mencari-cari di mana actuator saya, karena saya belom punya dana buat beli actuator baru, jadi saya hanya menggunakan “tongkat kayu” saja.

Kadang-kadang faktor cuaca juga sangat menentukan dalam pelacakan sinyal, jadi sebaiknya jangan “scanning” ketika cuaca tidak bagus, hujan misalnya. Selain mempengaruhi sinyal, kalo hujan dan ada petir itu juga berbahaya. Sekali lagi saya sarankan, jika ingin bereksplorasi sebaiknya pilih cuaca yang bagus dan cerah.

Silakan download gambar di atas jika ingin dijadikan referensi.

Jumlah dan jenis siaran televisi yang ada di Paksat 1 mungkin tidak sebanding dengan tingkat kesulitan yang kadang-kadang dirasakan oleh sebagian penggemar pertelevisian satelit dan parabola, tapi apa yang melandasi seorang penggemar untuk pointing? Saya pribadi terus terang saja, melakukan pointing ke satelit tersulit bukan hanya sekedar ingin menonton acara yang ada di stasiun tv yang didapat, tapi ada kepuasan tersendiri yang saya rasakan ketika satelit yang saya cari bisa dilock di RX saya. Mungkin saya sudah terkena jangkitan “Virus Parabola” sejak dulu tanpa saya sadari. Hehehe!!!

Selamat berkreativitas, dan semoga berhasil!

2 comments :

  1. Parabola Jong maman pasti tidak bisa..soalnya terkena seng mak de iram..

    Day XXX

    ReplyDelete
  2. kalo parabola jong maman jangankan ke Paksat, ke Thaicom aja sulit .... kalo gak salah intelsat 7/10 pun sama sekali blom mampir ke rumah Jong Maman... harusnya parabolanya di taruh di atas atap saja... khan udah pake atap seng, gak pake rumbia lagi :D

    ReplyDelete