NHK World Muncul di Palapa C2

Setelah bersiarannya Al-Manar dan sempat juga Test Transmission sebuah televisi Bangladesh (StarBanglaTV), sekarang giliran NHK World ikutan naik di Palapa C2. Mudah-mudahan kali ini tidak sekedar test, tapi bisa permanen seperti pendahulunya Al-Manar. Sudah beberapa tahun ini Palapa C2 sepi dari televisi luar negeri yang menyewa transpondernya.
 
Kalau kemaren StarBanglaTV test di parameter MetroTV dkk, begitupun dengan NHK World ini. Hanya beda pada chanel yang digunakan saja yaitu bekas “globaltv2”. Untuk format acaranya sendiri saya rasa cukup menarik buat rekan-rekan yang menyukai sebuah chanel berita (berbahasa Inggris). Walaupun pada beberapa program acaranya ada selingan lainnya, misalnya Fashion Show yang mirip dengan acara di FTV (Asiasat 3S).
 
Karena NHK World ini bisa saja hanya “relay” atau test transmisi, maka seperti biasa, saran saya nikmati saja selagi ada, toh FTA kok. Gak perlu jauh-jauh lagi pointingnya sampe ke Intelsat 7/10 maupun 8. Kalau di RX rekan-rekan belum ada, silakan scan ulang transpondernya:
 
Frequency: 4080
Polarisasi: Horizontal
Symbol Rate: 28.125
 
Berharap semoga FTA-nya langgeng di Palapa C2. Terima kasih!

1 comment :