DVB-Card: SkyStar2 PCI

Sudah setahun lebih ini saya menggunakan dvb card merk SkyStar 2 PCI produk dari Technisat. Sangat berguna sekali buat saya terutama dalam hal download gratis lewat internet satelit (offline download). Belinya dulu lewat salah satu rekan di Forum Satelit, Bang Ricky Sophandi (inorick) – reseller dari Citra Pratama. Masih segar diingatan betapa gembiranya saya ketika menerima paket pengiriman lewat Tiki JNE waktu itu. Pengalaman pertama jual beli dengan rekan forum.

Apa yang menarik dari SkyStar 2 PCI ini adalah saya bisa download file-file musik (mp3) terbaru tanpan harus bayar ke ISP, cukup listrik saja bayar ke PLN (harusnya ini gak jadi hitungan). Software yang saya gunakan untuk grabbing adalah SkyNet dan SkyGrabber. Tapi, untuk saat ini yang lebih sering dipake adalah SkyNet. Cukup rumit juga setting SkyNet (terutama bagi para newbie), tapi akhirnya bisa juga berhasil berkat bantuan rekan-rekan forum juga.

Selain grabbing, salah satu kemampuan sebuah dvbcard adalah melakukan “sharing” atau seringkali dilafalkan “berbagi kartu”. Proses cardsharing itu sendiri masih memerlukan koneksi internet dalam mengirim paket-paket “key data” dari sebuah paytv yang bisa dishare, contohnya beberapa transponder yang ada di Telkom 1, Telstar 18, dan Chinasat. Untuk Intelsat 7/10 saya belom bisa.

Perlu diketahui, untuk sharing gratis saat ini memang sangat sulit ditemukan walaupun kadang-kadang ada. Terakhir cardsharing yang gratis saya dapatkan dari rekan-rekan di Kota Satelit dan Forum Satelit yang menggunakan FlySoftcam. Untuk cardsharing tanpa menggunakan koneksi internet sendiri masih belum ditemukan kecuali menggunakan RX Matrix Revolution yang menggunakan server Asiasat 4.

Kalo untuk menonton televisi satelit yang FTA (Free to Air) sendiri, tidak perlu ditanyakan, cukup memuaskan. Hanya saja perlu diketahui, signal quality tidak akan sama dengan yang ada pada receiver. Perbandingannya hampir 20% sinyal quality turun ketika dicoba di SS2 ini dibandingkan ketika dicoba di RX pada umumnya, tapi kondisi channel yang terbuka tidak masalah karena minimal SQ pada SS2 tersebut biasanya adalah 10% (normal).

Untuk rekan-rekan yang berminat, sebelum membeli (agar tidak menyesal kemudian), ada baiknya pikir-pikir dulu kira-kira keperluan yang diharapkan bisa dipenuhi oleh DVB-Card khususnya SS2 ini apa saja. Coba petakan keperluan tersebut misalnya:
  • Pengen nonton FTA : bisa dipenuhi oleh RX seharga 250 ribuan.
  • Pengen nonton Paytv secara gratis (tanpa koneksi internet) : untuk saat ini hal itu hanya bisa dilakukan pada beberapa channel teracak menggunakan Nagravision key dan BISS key seperti: B4U Movies di Intelsat 7/10 dan beberapa channel di Yamal 202 serta beberapa channel Dream TV di Agila 2 Ku-Band. Sedangkan paytv yang tergolong besar seperti Indovision, Telkomvision dan lainnya tidak bisa dibuka tanpa langganan server plus internet kecuali ada yang menawarkan gratis (masih menggunakan koneksi internet).
  • Pengen internet gratis : bisa dipenuhi SS2 walaupun hanya sebatas “Offline Download” yang kita kenal dengan istilah Grabbing. Dibutuhkan kesabaran untuk mempelajari proses sebelum anda sukses melakukannya terutama dari segi teknis komputer itu sendiri termasuk utak-atik software seperti SkyNet.
Untuk para hobbyst sendiri saya rasa tidak masalah karena mereka suka pada hal-hal baru yang berarti tantangan baru. Tidak selamanya hobbyst itu “expert” lho, ada juga yang masih “newbie” tapi mereka suka belajar dan berusaha keras sehingga apapun tantangannya mereka berhasil melakukannya. Mengapa saya katakan demikian? Karena SS2 ini adalah salah satu barang yang menantang pemiliknya untuk memaksimalkan penggunaannya. Contohnya ketika user ingin mendapatkan hasil “tangkapan” grabbing yang maksimal, ia musti utak-atik regex dan rules yang notabene adalah file yang berisi bahasa yang tidak lazim kita gunakan dalam percakapan sehari-hari.

Selain itu, mungkin para newbie lupa bahwa membeli dvbcard (SS2) ini tidak semudah membeli Flash Disk. Penjualannya tidak sebanyak barang-barang elektronik lainnya. “Nyarinya aja sulit”! Hehehe…!!! Kalo sudah dapat, masangnya di PC juga sendiri (kecuali beli sama teknisi kali ya). Dan tentunya untuk tuning hingga penggunaannya maksimal adalah hasil kerja keras sang user.

Referensi lebih lanjut silakan ke Forum Satelit, cari topik All about DVB Card di Menu Utama. Cari juga Review Produk (SS2 – jika memang rekan-rekan berminat mau membeli SS2). Ingat, ada baiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk membeli agar tidak menyesal di kemudian hari.

Terima kasih telah berkunjung!

8 comments :

  1. Bro maxx, saya mempunyai dvbcard SS2 juga. Saya membelinya setahun yg lalu. Sampe sekarang belum juga bisa grabbing. Saya pakai ProgDVB. Ada trafficnya dekitar 10 file, tapi ga ada yg masuk. pake skynet ga ngerti gimana settingannya. Mohon saran dan petunjuknya. Kirim ke e-mail dhaniztic@yahoo.com
    Thanx...

    ReplyDelete
  2. kalo gitu dalam waktu dekat saya posting tentang skynet aja ya... silakan ditunggu..

    thanks atas antusias dan kunjungannya...

    salam,
    www.budiarno.com

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. boss pingin nanyak,,,ntue dvb card harga di pasaran sekarang brapaan yea...?di mana saya bisa membelinya tanpa harus tertipu dan mendapatkan barang yg asli dan sebaiknya jenis dan merk apa yg bagus di gunakan....sekian dan thanks bngeeet....!!!!!

      Delete
    2. Untuk dvbcard, bisa coba ke sini:
      http://indoparabola.com/
      Pemiliknya bang Adi, recommended seller, khususnya lagi dvbcard.

      Untuk harga, bisa langsung tanya ke yang punya web, tapi kalau rata-rata biasanya minimal siapkan satu juga bro.

      Delete
  4. O..rupenye dah banyak jua' yang makai DVB Card di Sambas. Kebetolan saye ade punye jua' DVB Card Skystar 2 udah lama' sekali ndak agk saye gunekan. Saye belinye dolo' tahun 2006, maklumlah dolo'di Sambas sean maseh koneksi internet jadi sengaje sye beli DVB Card utk "ngapar" hasil download-an orang yg betaborran di satelite. Mun ade yg beminat nak belinye hubunge' sye via YM : adhiost_sbs Hp : 081352480342.

    ReplyDelete
  5. mohon info...!!
    saya nubi, malah baru mau beli yg PCI, cuman masih bingung milih yg mana.kebetulan budget lumayan ada nih.
    1. Skystar 2 rev2.8a
    2. Skystar 2 + Multytenne (Antena mini)
    3. Skystar HD 2
    4. Skytar S2
    mohon petunjuk guru yg mana yang bagus Support HDTV dan Vista 64bit. dan dimana bisa mendapatkan barang diatas.
    (Agus Chandra Wirawan,SE 08125094444 agoes_zeria@yahoo.com)

    ReplyDelete
  6. coba tanya rekan saya yang punya toko dvbcard, link nya ada di bawah: DVB Card Shopping (www.adivision.co.cc)...

    kalau saya (kebetulan ada dana), milih nya yg nomor 3 aja... lebih bagus dari yg lainnya.. \m/

    ReplyDelete