Dish Jatuh, Channels Ngawur

Kemaren sore hujan deras mengguyur Kota Sambas, tak terkecuali kompleks tempat ku tinggal. Selama hujan, angin kencang bertiup, sementara dish lagi diarahin ke Thaicom 2/3/5 at 78,5’E sambil menonton channel Starlite (ada film bagus kemaren). Tapi sayang seribu kali sayang, petaka menimpa dishku.

Karena dish hanya ditopang menggunakan “tongkat kayu” sebagai pengganti actuator (sampe sekarang gak kebeli), maka dengan mudahnya sang angin menjerumuskan dishku hingga pada bagian tepi dish ada yang bengkok. Kerusakan memang tampak tidak separah yang kuduga, tapi walhasil daya tangkap dish jadi ngawur.

Betapa tidak, setelah kucoba pointing ulang ke Telkom 1 dan Palapa C2 sinyal sama sekali gak muncul. Hanya setelah beberapa menit (mungkin hampir satu jam), baru tampak kehidupan lagi di layar tv ku. Terpaksa bermain hujan ketika nyetting ulang dish yang terjerembab itu.

Sinyal yang ditangkap tidak lagi maksimal seperti sebelumnya. Banyak channel yang tidak bisa dilock lagi oleh RX Technosat Mentari ku. Sebut saja, ANTV, SCTV, MetroTV dkk, Trans7, dan lainnya. Yang terlock hanya TPI, Channel 1 & 2 TelkomVision, dan TransTV. Menyedihkan sekali nasib dish tersebut.

Tadi pagi sempat saya setting ulang. Kali ini malah tambah ngawur. Dengan arah Asiasat 3S di 105,5’E malah bisa nangkap Channel 1 & 2 TelkomVison dan TransTV. Focus dish sudah berobah (pikirku). Tambah pusing deh, mau diapakan lagi ya? Sempat terpikir olehku tentang “ketok mejik”! Eh, emang bisa dipake pada dish mesh? Martil or Tukul nya blom ada neh, malah “kunci 10” ku juga sudah ilang ntah kemana. Terpaksa pending dulu cerita ketok mejiknya, coba pointing ulang aja deh dulu. Teringat kata-kata bro NUEL di Forum Satelit, semakin sering pointing semakin kita bertambah mahir, dan itu BENAR!!!

Fokus sekarang adalah memperbaiki dish dulu dengan pointing ulang!

No comments :

Post a Comment