Cara Boot Enigma2 di Matrix Spark

Lama tidak posting, harap maklum karena untuk tahun 2014 ini saya ingin mencoba kembali tidak berlangganan koneksi internet dari operator selluler seperti biasanya. Ingin merasakan bagaimana jauh dari internet. Ck ck ck!

Baiklah, mengawali posting di tahun 2014, saya akan membahas cara boot Enigma2 di Matrix Turbo III Spark. Kebetulan, produk dari Matrix yang ini mengena di hati saya karena pake Linux. Ho ho ho. Lagi-lagi karena Linux ya.

Beberapa waktu yang lalu saya kirim email kepada pihak Matrix lewat email Stella. Entah kenapa tidak ada respon sama sekali. Beda jauh dengan produsen dari luar negeri, mereka kalau dikontak langsung balas. Untuk email ke Stella itu saya hanya pengen menanyakan apakah "Spark" yang digunakan ini original atau clone. Keterlaluan juga ya pertanyaan saya? Ya, setidaknya kalau sudah tau original kan tidak was-was lagi kena 'bomb' dari 'sinun'.

Baiklah, ini kan ceritanya mau boot Enigma2 kok ngelanturnya kemana-mana. Berikut petunjuk yang disediakan oleh internet.

Persiapan, disarankan menggunakan FD Kingston, konon katanya tidak bisa boot lewat USB HD. Katanya lagi, musti hanya ada 1 partisi di FD dengan partisi pake FAT32 (kapan-kapan kalau saya punya receivernya baru saya coba pake swap di FD ini).

Pada beberapa kasus, teman-teman di forum sering mengalami error saat boot Enigma2 dengan muculnya "7 70" di layar kecil panel depan rx ini. Itu karena ketika boot file yang ada di flashdisk tidak cocok dengan apa yang akan diboot. Solusinya, pastikan posisi boot si Matrix Turbo III ini pada mode "Enigma2".

Cara merobah posisi boot pada Matrix Spark dan load Enigma2 sebagai berikut:
  1. Matikan dulu rx-nya, lalu colokin FD yang telah diisi dengan file folder "enigma2" yang terdiri atas dua file: e2jffs2.img, dan uImage.
  2. Tekan tombol "OK" di panel depan, lalu colok kabel listrik (atau tekan tombol power di belakang rx).
  3. Ketika muncul boot mode (dalam hal ini pada posisi "Spark"), tekan tombol "down" (panah bawah) untuk merobah ke mode "Enigma2", jika tidak muncul "Forc" tekan lah "OK" lagi.
  4. Ketika muncul "Forc", tekanlah tombol "right" (panah kanan).
  5. Jika proses udah benar, akan muncul "U LD" dan dilanjutkan dengan "SUCC" di panel. Biarkan saja sampai proses selesai dan rx akan reboot sendiri.
Jika proses terhenti di "Forc", coba cabut kabel listriknya, dan lakukan langkah berikut:
Tekan tombol "OK", colok kabel listrik, ketika muncul mode "Enigma2" dan segera disusul oleh "Forc", tekan panah kanan, dan biarkan proses loading selesai sampe reboot.

Cara mengembalikan mode ke semula di Spark juga sama, hanya saja kalau boot ke Enigma2 kita tekan tombol "down" (point 3 di atas), sedangkan untuk kembali kita tekan tombol "up" (panah atas).

Have fun!

Screenshots:
Proses Loading Enigma2 di Matrix Spark
Setelah reboot Enigma2 di Matrix Spark
PKT Hyperion di Matrix Spark
NB:
Saya tidak berani merekomendasikan rx ini untuk saat ini berhubung belum adanya jawaban dari pihak produsen seperti yang saya utarakan di atas. Hanya saja, jika Matrix Spark bebas dari bomb, dengan harga yang sangat terjangkau alias murah meriah, boleh lah "dicoba".

12 comments :

  1. Spark e illang, Enigma nye on jorreh kai FD agek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boyyak, ayap juok ye i, leh salah loading ke simari ratinye i? File Spark e doh adeke blom?

      Delete
  2. numpang nulis ah,,,hehehhe setau saya matrix spark ----Original lisensi,,,,,untuk pembelian Qtty tertentu kita bisa order lisensi Original,,,,, kebetulan sebelum pihak matrix spark nya muncul dan heboh sempet dapat penawaran untuk barang tersebut,,,cuma sayang super big bos,,,dapat penawaran Lisensi Original produk lain,,,,hehehehehehe semoga pencerahan saya bisa di terima,,,dan dapat membuka tabir Ori dan clone yg selama ini rancu,,salam cicak ngejar kodok hehehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... kayaknya saya ngerti nih. Sippp kalo gitu bos.

      Delete
  3. Saran saye usah dolo'di upgrade ke enigma 2...pusing handle program buat pelanggan tonton,harus pakai software segale macam buat add satelinye...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak ape lah bos, kan dual boot rx nye... ^_^

      Delete
  4. Bisa tolong dibantu bos, bagaimana caranya masuk ke menu input tiket fly....?
    Ditunggu pm nya bos,
    Terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  5. Bikin penasaran aja nich matrix nya.. nunggu kambing gemuk nich...xi xi xi

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Hahahaha... pake obat warung cukup buat ngatasi mumet. :v

      Delete
  7. Masbro file ubootspark kog gk bisa di download, klo berkenan bisa bagi filenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg ini bisa didonlot bro:
      http://dl.dvbs.org/Matrix/Turbo%20III%20Spark/Rescue/ubootspark.zip

      Delete