Perbedaan Kartu Tayang TelkomVision

Kalau tidak salah kemaren ada yang menanyakan kartu tayang TelkomVision yang mana yang bisa dicolokkan ke receiver lain (bukan receiver resmi dari TelkomVision). Pengen saya jawab, tapi ragu juga mau jawab seperti apa. Mengapa?

Karena tidak ada perbedaan mencolok dari kartu-kartu yang ada. Bahkan antara kartu MPEG2 dan MPEG4 TelkomVision saja tidak terlalu beda (kecuali Zeta yang masih aktif). TelkomVision sekarang rata-rata sudah menggunakan kartu Kappa. Masih ada mungkin yang menggunakan Zeta, walau sedikit.

Kembali ke pertanyaan, kartu mana yang bisa dicolokkan ke receiver lain? Tidak bisa dipastikan! Satu-satunya jalan hanya dengan mencoba colok ke receiver selain receiver TelkomVision itu sendiri. Coba teman-teman perhatikan kartu-kartu berikut ini:

4 Kartu TelkomVision
Satu di antara keempat kartu itu adalah kartu TelkomVision MPEG4. Saya tidak akan memberitahukan kartu yang mana yang MPEG4, tapi saya post 4 digit pertama kartu-kartu tersebut (bisa diliat di foto ya, kecuali foto KTM saya itu):
  • 4115 xxxx xxx
  • 4144 xxxx xxx
  • 4258 xxxx xxx
  • 4261 xxxx xxx
Kartu yang bisa kebuka di rx lain adalah kartu yang tidak dipair dengan rx TelkomVision. Sedangkan kartu yang sudah dipair akan tetap gelap (scrambled), entahlah jika ada yang mampu 'melihat' cam key dan cam data kartu yang telah di-pair ke rx TelkomVision.

Sistem pairing ini bagi operator (dalam hal ini TelkomVision), adalah salah satu upaya mencegah penggunaan kartu secara keroyokan (sharing). Niat mereka mungkin baik, pengen meningkatkan penjualan, dan itu wajar-wajar saja, namanya juga bisnis. Namun, di sisi konsumen hal ini kurang begitu bagus karena tentu saja rx yang punya fasilitas lebih dibandingkan rx yang disediakan oleh TelkomVision akan tidak berfungsi sesuai keinginan konsumen.

Nah, barangkali Win Win Solution untuk hal ini adalah dengan sistem surflock yang dikenal di Enkripsi Irdeto. Surflock ini memungkinkan kartu digunakan di rx selain rx resmi TelkomVision, dan dengan surflock pula kartu tersebut tidak bisa dishare (dipake rame-rame) - kecuali ada yang membagikan ilmu anti-surflock ke publik. Dengan adanya surflock ini, otomatis pairing sudah tidak terlalu diperlukan, karena pertahanan operator sudah bisa dibilang sangat kuat. Udah ah, tidak usah panjang-panjang bahas surflock, seram.

Jadi, kesimpulan saya, jika ingin transaksi pembelian kartu TelkomVision, cobalah ditanyakan dulu kepada penjualnya apakah kartu tersebut dipairing atau tidak (jika berniat ingin menggunakan rx selain rx resmi TelkomVision). Jangan salahkan penjual jika setelah transaksi baru berniat menanyakan hal tersebut.

29 comments :

  1. Mas bro diantara 4 digit diatas, yg mana jarang dipairing. Hehe peace. Mklm lg nyari kartu nih utk rx lain, puyeng ama rx telvis gambar kurang jreng dn ga bisa naik angkot :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya, rx resmi telvis memang banyak banget kurangnya. Kalau menentukan mana yg jarang pairing memang agak susah. Tapi, untuk saat ini udah satu bulan lebih masih blom ada lagi pairing dari Telvis, entah kenapa (mungkin memang dari Telvisnya soalnya rata-rata kartu yang bisa kebuka di rx lain juga begitu). Intinya, jangan sampai telpon ke 147 suruh pairing kartu ke rx resmi telvis.

      Oh iya, kalo mau beli kartu, jangan lupa sama rx telvis sekalian, biar kapan2 ada pairing tinggal colokin ke rx telvis baru pindah lagi ke rx lain. Dan jangan lupa, tanyain ke penjual apakah kartunya bisa kebuka di rx lain.

      Delete
  2. Bro, mau tanya. Kartu Zta yg udah lama ga aktif apakah bisa diaktifin lagi? Klu bs bgmana cara mengaktifkannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak salah saya, beberapa waktu lalu bro Doddy coba bisa. Tapi saya kurang tau pasti bagaimana caranya. Kalau meliat keadaan sekarang, barangkali syaratnya musti punya receiver resmi telvis yg sepaket dengan kartu Zeta tersebut (kecuali kartunya tidak dipairing ke rx telvis).

      Delete
  3. Numpang nanya pak, kartu tayang telvis postpaid bisa ga ya migrasi ke prepaid? mksh sebelumnya.


    (Anto di Riau)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tentang migrasi dari postpaid ke prepaid saya nggk bisa jawab nih bro. Blom nemu info yang akurat, rata-rata disuruh ke 147 buat memastikan, dengan catatan perangkat ditarik dulu oleh Telvis.

      Delete
    2. Mksh atas jwbnya cepat, cuma kendalanya prngkat postpaid tersebut hibah dr teman yg sdh lama berhenti langganan (ada 2 perangkat lagi). Ga bisa diapa-apain donk klu begitu :(. Makasih bnyk pak.

      Delete
    3. Sayang sekali ya bro, manfaatin dishnya aja bro buat Ku-Band di NSS6, lumayan banget tuh.

      Delete
  4. Sy sudah beli vocher
    telkomvision untk Kartu
    Zeta,langsung saya masukan
    ke Reciver MATRIX PROLINK
    HD ETHERNET MPG4,Tapi blm
    ada penampakan gambar..
    Bagaimana caranya ? .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar kartu sudah dipairing ke receiver resmi TelkomVision nya bro.

      Delete
    2. Saya udah coba bro, tinggal beli paket nya aja ke kntr p*s / al**m*rt. Sy beli voucher yg seri 5 (yg paket MPEG4) hslnya bening banget di MHDE New.. O iya, smart card Zetta sy bekas rx Yestv yg rusak

      Delete
    3. Wah, mantap banget kalo gitu bro. Berarti kartunya memang kartu buat MPEG4 ya?

      Delete
  5. istilah pairing itu apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sederhananya, pairing itu memasangkan kartu dengan receiver resmi operator, jadi kartu tidak bisa dibuka selain di receiver resmi tersebut.

      Delete
  6. mas, mau tanya. saya mau beli decoder bekas mpeg 4 yang voucher. bagaimana cara membedakan antara voucher dengan berlangganan. krn sama-sama TM 9000. saya takut salah beli, karena kondisinya bekas dan di beli dari user langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore mas Toni. Maaf baru balas. Kalo untuk memastikan lebih jelas, barangkali yang paling afdhol dengan cara cek di Mailbox yang ada di RX tersebut. Bisa diliat biasanya paket yang pernah digunakan apa aja.

      Delete
  7. mas, kebetulan kmaren ad tmn ngasih saya rx telkomvision DIZIPIA DS 3300IR tapi ga' ad kartu tayangx.sy sdh tes siaran FTA ada. klo gitu bisa beli kartu tayang yg baru ga'?mohon sarannya.soalnya saya masih baru dengan yang ginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barusan dapat info kurang menyenangkan tentang voucher telkomvision mas, dengar-dengar tv vouchernya bakalan dihentikan. Sepengalaman saya, untuk beli kartu saja bisa mas, tapi rata-rata yang jual langsung dengan rx telvis (jarang ada yang jual terpisah).

      Delete
  8. Bagusnya tunggu setelah bulan Mei baru coba lagi apa bisa pakai kartu di receiver lain.

    ReplyDelete
  9. permisi... saya mau nanya mas....
    untuk pembelian kartu telkomvision zetta biasanya adanya ditoko2 apa.. trus apa yang harus saya katakan sama penjualnya..?
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  10. ohh,,, iya saya lupa....
    receiver saya "Getmecom HD-5".... apakah saya cukup menggunakan kartu telkomvision atau harus menggunakan kartu khusus..
    terima kasih!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak telkomvision bertransformasi menjadi transvision dan menghapuskan prabayar, maka kartu prabayar sejak saat itu sudah tidak bisa digunakan lagi mas, kecuali hijrah menjadi pelanggan pascabayar. Getmecom HD-5 yang pernah saya coba bisa untuk kartu Irdeto (saya punya kappa yang nggk dipairing yang masih bisa kebuka hanya channel Jendela).

      Delete
  11. Mas,,,
    Saya sudah putus BIGTV pasca bayar, itu Dish sama receiver Samsung nya gak diambil. Bisa sya pake buat apa ya? apa bisa sya pake FTA lokal? Ato dipake buat receiver lain (misalnya TopasTV, OrangeTV)
    Trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipakein ke OrangeTV aja mas, kalo ke Topas kurang gede dishnya. Atau kalo pengen pake K-Vision yg Ku-Band aja.

      Delete
  12. Replies
    1. Perlu diganti LNB nya apa gak Mas.

      Trimakasih Info nya Mas.

      Delete
    2. Tidak usah, provider sama-sama Ku-Band.

      Delete
  13. Mas sy punya receiver transvision apa bisa sy isikan dengan kartu tayang big tv prabayar (voucher)? Soalnya receiver bawaan big tv ga HD jd banyak yg ga bisa muncul? Ato kalo gak tuh receiver transvision bisa difungsikan apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa mas, kartu tayang big seingat saya sudah dipairing ke receivernya masing-masing. Kalo receiver transvis ex-prabyar saat ini hanya bisa difungsikan untuk FTA (dan masih bisa kebuka beberapa channel inhouse transvis).

      Delete