Review Getmecom HD 5 Ethernet Part 2

Baiklah, melanjutkan kembali Review Getmecom HD 5, kali ini masuk ke bagian kedua. Kalau di bagian pertama sedikit berkenalan dengan paket pembelian dan menu awalnya, nah kali ini kita masuk agak ke dalam ya. Don't piktor ah!

Okay, berikut kelanjutannya!

Fitur yang Utama > Network Setting
Hehehe... Fitur ini musti ada lah ya, klo nggk ada ntar susah mengakses internet. Untuk setting koneksi ke router, masuk saja menu "Network Setting", dan aktifkan DHCP.

Getmecom HD 5 Network DHCP ON
YouTube Player di Getmecom HD 5
Nah, yang satu ini menarik perhatian saya di deretan menu Network paling bawah. Fitur yang satu ini kayaknya udah sesuatu yang 'wajib' untuk sebuah receiver dengan kemampuan akses internet. Kalau tidak ada YouTube rasanya akan ada yang kurang. Saya coba putar lagu "Numb" nya Linkin' Park, proses playingnya membutuhkan buffer, dan tentunya koneksi internet yang mencukupi (speed di bawah 50 KB/s saya rasa nggk usah dicoba lah, tapi kalo 50 KB/s ke atas silakan).

RSS Reader di Getmecom HD 5
Untuk fitur yang satu ini RSS Reader bagi saya tidak terlalu penting. Kebetulan untuk proses mencari atau pun membaca informasi saya jarang menggunakan RSS Reader atau bahkan tidak pernah saya gunakan. Mungkin karena saya memang nggk mengenal RSS Reader ya. Bukan bermaksud apa, cuma menurut saya, fitur ini kalo dihilangkan bisa digunakan untuk fitur yang lain lah.

Weather Forecast / Prakiraan Cuaca Sedunia
Sama dengan fitur RSS Reader, saya juga jarang membaca info cuaca, paling juga kadang nonton prakiraan cuaca di channel tv tertentu. Lha, apalagi prakiraan cuaca jaman sekarang sering ngawur karna memang cuaca akhir-akhir ini nggk menentu. Hehehe... sok tau juga ya saya ini!

Kira-kira kalo kedua fitur di atas (RSS Reader dan Weather Forecast) dibuang, bisa tidak ya diganti dengan IPTV ? Andai saja bisa!

Untuk Wifi Managernya terpaksa tidak bisa saya coba karna wifi dongle saya tidak disupport Getmecom HD 5 (blom tau apakah nanti setelah upgrade software TL-WN321G 54 Mbps telah disupport).

Key Edit di Getmecom HD 5
Di menu Conditional Access > CA Setting, ada Key Edit dan Key Update. Untuk Key Edit, kita disuguhkan dengan beberapa pilihan yaitu: Seca, Viaccess, Irdeto, Cryptoworks, Nagravision, VideoGuard, Conax, dan BISS. Setiap pilihan ini sudah tercantum CAID default masing-masing.

Input BISS di Getmecom HD 5

Pilihan BISS ini merupakan kunci pokok dan daya tarik dari rx jaman sekarang ya?! Soalnya orang lebih tau tentang BISS ketimbang "key" buat BISS itu sendiri. Rancu ya, bingung ya!??? Saya juga bingung. Ah udah ah, nggk usah ngomongin BISS, tapi liatin screenshot menu input BISSnya saja cukup:

Menu Key Edit "BISS" Getmecom HD 5
Ini data yang diperlukan untuk menginput BISS di Getmecom HD 5:
  • CAID (sudah tercantum secara default)
  • Frequency (decimal)
  • Type (ini type key yang akan diinput, ada dua pilihan yaitu 8 byte ataupun 16 byte)
  • Service ID (decimal)
  • KeyData (yang ini nggk usah dijelasin, udah pada tau sendiri)
SoftCam.Key Update Getmecom HD 5 Ethernet

Selanjutnya, kita memasuki Network Setting lagi ya. Hayooo... apa kira-kira yang terlewatkan dari menu ini? Iya iya... udah pada hafal ya? Tiket! Ssssttttt.... Jangan keras-keras, illegal bos! Yuk masuk menu "Net Client Config":

Menu Edit Flying Tiger Hidden Dragon
Maaf klo istilah yang saya gunakan rada ngawur. Harap maklum bo'....!!! Okay, di menu Net Client Config ini ada 16 icon PC yang bisa kita edit untuk memasukkan konfigurasi "LINE" (N, C, R, M). Isikan saja Line yang teman-teman punya sesuai konfigurasi yang ada (biasanya yang dipake secara meluas ya "C"). Setelah diisi dan disave, tinggal tekan OK, konek langsung ke yang empunya LINE. Nggk usah panjang-panjang ya bahas yang satu ini, cukup sampai di sini saja.

Selanjutnya saya mau masuk ke menu "Net Server Config". Nah, bagian yang satu ini untuk yang pengen oprek-oprek "bagi-bagi hadiah" ke teman-teman sejagad internet.

Net Server Config di Getmecom HD 5
Bagian yang ini jarang tersentuh oleh 'client', jadi tidak usah saya perpanjang bahasnya. Tapi yang jelas, fungsinya lumayan sangat sangat bermafaat buat saya yang newbie di dunia persilatan... ehhhh... persatelitan.

Penampakan Gadis Kecil di Getmecom HD 5
Selanjutnya apa lagi ya... Hmmm! Kayaknya udah cukup dulu sampe sini. Oh iya, tadi pak Arif bilang tentang FLV. Untuk extensi file FLV di Media Player Getmecom HD 5 bisa terbaca dan diputar dengan lancar. File MPEG4 1080p juga OK, bening banget dah gambarnya. Untuk MKV blom saya coba.

Baiklah, segitu cukup ya reviewnya, nanti dilanjutkan setelah software saya upgrade ke versi terbaru. Masih ada yang mungkin terlewatkan untuk saya coba.

Kesimpulan:

Fitur-fitur yang tersedia sudah bagus terutama yang bisa saya soroti di bagian ini:
  • YouTube
  • Wifi
  • Dukungan file multimedia juga menurut saya sudah bagus
  • LINE konek tanpa perlu reboot
  • Update SoftCam.Key Online (ntar mau coba bikin servernya)
  • Upgrade Software Online (khusus yang satu ini blom ada info server mana yang bisa digunakan)

Tinggal developer memaksimalkan saja, mana yang kira-kira jarang digunakan ada baiknya diremove atau diganti, dan memperbaiki bug berupa rx restart ketika blindscan (blom tau juga apakah di software bulan Februari 2013 bug ini udah diperbaiki, soalnya blom saya upgrade softwarenya).

So far, Getmecom HD 5 Ethernet ini recommended lah.

29 comments :

  1. mas,kurang di mengerti buat seting internet nya.buat nonton you tube nya,ane pake hotspot nich,ip addres ane :192.168.2.22.dns :192.168.1.254.nah gmna cara buat nonton youtube nya.?....................

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada yang disetting, yang penting udah konek networknya (lewat router) udah langsung bisa dicoba buka YouTube.

      Delete
  2. perpindahan channel gmna? lemaot ga? harus search dulu 2-5detik lama...sprti getmecom hd5 durian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perpindahan channel cepat, serasa pake rx fta pada umumnya.

      Delete
  3. Untuk "Net Server Config" brarti cline bisa di reshare lagi ya bro, kayak pake OScam?? atau harus pake card? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, musti pake Card. Tapi masih ada menu yg kurang untuk keperluan ini yaitu tidak adanya mangement user.

      Delete
    2. Untuk cardnya yang udah di coba apa bro yang suport? Saya punya tel**$ apa bisa kebaca? Kata bro kan management usernya ga ada tapi untuk sharenya bisa nggak?

      Delete
    3. Nggk bisa, karena nggk ada user management nya jadi fungsi server ini tidak bisa digunakan.

      Delete
    4. OK, thanks bro informasinya, tadinya saya mau beli buat homeshare di rumah

      Delete
    5. Sip, mudah-mudahan ke depannya fitur ini ditambahkan biar bisa homeshare plus internet share juga tentunya.

      Delete
  4. mantap gan aku tugu info yg akan datang...heheheh

    ReplyDelete
  5. tambhan ..ngerapiin chanelnya susah,,sw standar chnel ga bisa dipindah,musti upgrade...

    ReplyDelete
  6. fitur wifinta apa bisa aktif ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya tipe-tipe tertentu, yang saya punya nggk bisa.

      Delete
  7. salam forsat masbro...
    tolong bantu ane dong, getme ethernet hd5 ane menu pengaturan jaringanx gak bisa kebuka klw diklik ada pemberitahuan "jariangan tdk mendukung". tolong ya mas bro...
    ni email ane wendis_nad@ymail.com

    ReplyDelete
  8. harga kisaran berapa yah?

    ReplyDelete
  9. Apa perbedaan getmecom HD 5 ethernet dengan getmecom HD ethernet TRANSFORMER? untuk yang transformer apa sudah bisa pakai IPTV?

    ReplyDelete
  10. untuk angka servid(dec) darimana ya?

    ReplyDelete
  11. Gan kalo mau setting manual setiap frekuensi stasiun tv caranya gimana?... saya takut salah atau terhapus semua frekuensi yang ada apabila diblind scan mengingat settingan parabolanya belum maksimal jadi lebih baik secara manual.

    ReplyDelete
  12. sy punya rx getmecom hd ethernet transformer,menurut penjual bisa masuk card telvis,tpi ak masukin koq gak mau detect siaran telvis alias scrambled??apa bisa dimodif agar bisa nangkep fta lokal aja dengan dish telvis,gak pake yg 6 feet??

    ReplyDelete
  13. mas receiver hd 5 eternet bisa gak sharing ke pc? maksud saya siaran dari receivernya bisa lihat di pc lewat kabel LAN nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. blom pernah coba, tapi saya rasa tidak bisa karena tidak ada aplikasi untuk keperluan itu.

      Delete
  14. gan seting internet pada receiver getmecom apa harus punya perangkat penunjang seperti modem dan ebagainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, minimal punya router + modem biar enak settingnya.

      Delete
  15. Mas bwt setingan wifi@ gmna...saya punya usb wifi@ TL-WN722N kok G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ konek jga...mhon d bantu

    ReplyDelete
  16. Mas Bud...gimana ? apa dah bisa IPTV untuk receiver ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama nggk nyentuh getmecom nih saya, barangkali bisa dicoba pake software iptv nya punya matrix.

      Delete
  17. getmecom HDE sy bisa liat daftar youtube tp kok gak bisa play ya? mestinya kalo sudah bisa download dan search youtube, internet sdh jalan. Tapi gak bisa Play? apa harus upgrade?

    ReplyDelete
  18. ada sw paling baru bos,,,,ada banyak perubahan,,,,silahkan di coba,,,,kasus rebot waktu scan dijamin hilang terutama telkom,,,( kasus TP Ota ) dan fungsi Diseq 1,2 dan 1,1 bisa berjalan bersamaan,,,silahkan di ulas lebih lanjut,,,salam cicak

    ReplyDelete